01 November 2008

Berpikir Positif Menentukan Sukses Anda


Pepatah lama mengatakan "Siapa yang berpikir dia bisa, maka dia akan bisa menjadi siapapun yang dia inginkan" Ciptakan dan penuhi alam bawah sadar kita dengan hasrat yang kuat untuk meraih harapan.
Ketika suatu peristiwa terjadi, pilihlah untuk berpikir positif, ketika pikiran kita positif, maka apa yang akan kita bicarakan akan menjadi positif, sikap kita juga akan menjadi positif, kemudian jika bicara dan sikap kita positif, tindakan kita juga akan menjadi positif, tindakan2 yang positif akan membentuk kebiasaan kebiasaan kita yang juga positif, kebiasaan kebiasaan kita secara tidak langsung akan membentuk karakter kita yang positif, selanjunya karakter kita akan membawa nasib positif juga kepada kita, sehingga kehidupan kita akan bernuansa positif.
Namun apabila kita berpikir sebaliknya maka yang terjadi adalah banyak kenegatifan dalam bicara, sikap, tindakan, kebiasaan, karakter, hingga nasib dan kehidupan kita.
John Maxwell seorang pakar kepemimpinan mengatakan bahwa sukses seseorang lebih banyak dipengaruhi oleh sikapnya lebih dari pada kemampuan dan IQnya. Menurutnya sikap kita/cara berpikir kita sangat menentukan sukses kita sekalipun kita hanya punya kemampuan dan IQ yang pas-pasan.
Apa yang kita pikirkan itu adalah iman. Pada saat kita berpikir gagal kita pasti akan gagal, sebaliknya jika terus menerus kita memikirkan mengenai kesuksesan maka kita sedang beriman untuk sukses. Kalau seseorang berfikir dan membayangkan menang dalam maka ia akan menang, sebaliknya kalau ia membayangkan kekalahan maka ia akan kalah dan jadilah sesuai dengan apa yang anda imani.
Mungkin anda sudah beberapa kali mengalaminya dalam hidup anda, namun untuk kali ini jika anda ingin mencoba sekali lagi sangatlah baik untuk membuktikan kebenaran ini, yaitu pada saat anda bangun pagi cobalah penuhi pikiran anda dan katakan kalau hari ini saya sepertinya mau sakit, yang anda pikirkan adalah sakit, lemas, dsb maka besar kemungkinan anda akan sakit hari itu, atau saat bangun pagi anda memikirkan waduh badan saya pegel-pegel hari ini, malas saya dsb, maka hari itu akan jadi hari terburuk bagi anda.
John C Maxwell, menganjurkan agar setiap orang untuk senantiasa berpikir positif. Dengan berpikir positif, kita akan selalu terdorong untuk memiliki harapan di tengah keputusasaan. Kita juga akan termotivasi untuk selalu berusaha mencari jalan keluar yang terbaik ketika harus menghadapi berbagai kesulitan.
Berpikir positif akan membuat kita tetap bersemangat untuk bertahan di tengah krisis dan mengubah kesulitan menjadi kekuatan. Berpikir positif juga bisa memacu kita untuk merangkul perubahan untuk meraih sukses, atau bahkan menciptakan perubahan untuk membukukan prestasi. Apa yang kita pikirkan dan percaya sangat menentukan kesuksesan kita. “No man is ever whipped, until he quits -- in his own mind. – Tidak pernah ada orang yang terkalahkan, hingga ia menyerah -- di dalam pikirannya sendiri,” ungkap Napoleon Hill. Karena kita semua memiliki aset yang sangat besar, di antaranya impian, pikiran, energi dan kekuatan keimanan.
Susan L. Taylor menyimpulkan tentang kedahsyatan kekuatan pikiran untuk mewujudkan segala keinginan manusia. “Pikiran adalah energi. Dan Anda dapat membuat atau menghancurkan dunia dengan berpikir,” katanya. Itu berarti kemungkinan besar Anda pun bisa mewujudkan segala yang Anda impikan dan memikirkan cara-cara yang paling benar, cepat, tepat dan efisien untuk mewujudkan impian tersebut.
Berikut ini adalah kisah Charles R. Schwab seorang yang diberi gelar King of online brokers. Ia seorang investor piawai yang mendirikan perusahaan pialang pertama yang menangani kepentingan investasi masyarakat umum. Perjuangan Charles R. Schwab untuk mencapai sukses tidaklah mudah. Ia lahir di Sacramento, California tahun 1937 menderita disleksia, yang menyebabkannya sulit untuk menulis dan membaca. Tetapi ia tidak putus asa, ia tahu bahwa tiap orang punya kelemahan dan punya kelebihan. Yang ia pikirkan adalah bahwa ia mampu menjadi seorang yang berhasil. Ia mencoba meminimumkan kelemahan dengan belajar dengan tekun untuk mengatasi masalah disleksia yang dideritanya. Selain mencoba mengatasi kelemahannya, Schwab juga mengeksplorasi kekuatannya, yaitu di bidang matematika dan ekonomi.
Upayanya yang tekun ini berhasil membawanya keluar dari masalah dan bahkan membawanya ketangga sukses. Ia berhasil masuk ke Stanford, sebuah universitas terkemuka yang berhasil diselesaikannya dengan baik. Schwab yang berhasil mengalahkan disleksia yang dideritanya berhasil menerbitkan newsletter yang berhasil meraih 3.000 pembaca pada tahun 1963, dan juga menerbitkan beberapa buku di bidang investasi yang menjadi ”best-seller” pada waktu diterbitkan. Pada akhirnya ia berhasil membangun kerajaan sebagai pialang investasi terkemuka di dunia. Dengan perusahaan yang didirkannya tahun 1974, Schwab berhasil mengembangkan dengan sukses sehingga memiliki 19.000 karywan, 8 juta pelanggan dan banyak cabang di seluruh dunia.
Sekali lagi kisah tersebut meneguhkan anda dan saya bahwa apapun kemampuan yang anda miliki, kelemahan, keterbatasan apapun juga jika anda hidup dengan pikiran positif dan Prinsip saya tidak mau dikalahkan oleh masalah, saya akan fokus pada kekuatan yang saya miliki dan strategi menerapkan prioritas untuk setiap tindakan dan keinginan yang ingin dicapai maka kita dapat mencapai impian-impian kita.
Andrew Matthews dalam bukunya Being Happy mengungkapkan bahwa pikiran kita seringkali bertindak sebagai magnet yang ampuh untuk mengundang segala sesuatu yang kita pikirkan untuk terwujud. Pikiran kita ini akan menggerakkan seluruh bagian dari kita (fisik, emosi, dan semangat) untuk bergerak ke arah yang kita pikirkan. Jika kita memusatkan pikiran kita pada kegagalan pasti kita akan mengundang datangnya kegagalan. Sebaliknya, jika kita memusatkan pikiran kita untuk meraih sukses, pasti sukseslah yang akan kita temui. Jadi, jika kita ingin sukses, ingin sehat, ingin senang, mengapa tidak kita coba memusatkan pikiran kita untuk meraih hal-hal positif yang kita pikirkan?

“Bila Anda pikir Anda bisa, maka Anda bisa… tetapi bila Anda tidak bisa Anda harus Pikir “Bisa”.
Selamat menjalani hari-hari anda dengan selalu berpikir positif agar kesuksesan menjadi milik anda dalam bidang apapun juga.

Tidak ada komentar: