05 November 2008

Berpikir positif dapat membuat anda bahagia


"Siapa diri anda dan dimana anda berada ditentukan oleh apa yang masuk ke dalam pikiran anda. Anda mengubah siapa diri anda dan mengubah dimana diri anda dengan mengubah apap yang masuk ke dalam pikiran Anda" -- Zig ziglar
Kebahagiaan dalam hidup adalah dambaan setiap manusia. Saya yakin tidak ada yang ingin hidup sengsara, sedih, susah dan merana. Kita semua ingin hidup bahagia, namun kebahagiaan tidak datang begitu saja atau jatuh dari langit, kita harus mengusahakannya setiap hari.
Dalam soal kebahagiaan hidup, ada sebuah ungkapan bijak yang pantas kita renungkan adalah, “Dalam soal menikmati kebahagiaan hidup, sebaiknya jangan hanya menunggu ibu peri yang mengayunkan tongkat ajaibnya untuk memberikan kebahagiaan. Namun kita harus berusaha menjadi ibu peri yang memainkan tongkat ajaib kita sendiri.”
Yang dapat menentukan bahagianya kita atau tidak tergantung pada kita sendiri. Kitalah yang memutuskan apakah kita mau bahagia atau tidak. Anda tidak dapat menyalahkan orang lain atau siapapun disekitar anda karena anda tidak bahagia. Anda bertanggung jawab untuk kebahagaiaan dalam hidup anda.
"Kebahagiaan adalah kemauan. Kalau Anda mau, Anda bisa bahagia. Seperti bayang-bayang, kita mau melihat bencana dari sisi gelap atau terang.
Bagi masing-masing orang-orang, cara dan di mana mereka mendapatkan kebahagiaan mereka berbeda satu dengan yang lain. Bagi sebagian orang, mereka menemukan kebahagiaan pada uang, bagi yang lain pernikahan adalah tempat di mana mereka mendapatkan kebahagiaan mereka. Namun sesuai dengan topic yang kita bahas hari ini, berpikir positif dapat menolong kita menemukan kebagahiaan dalam hidup.
Pada bagian ini kita akan belajar bersama-sama bahwa ada korelasi antara berpikir positif dengan kebahagiaan dalam hidup. Sadari satu prinsip bahwa `you reap what you sow' - Anda akan menuai apa yang Anda tanam. Jika anda menanam pikran-pikiran yang menyenangkan, positif, dan membahagiakan dalam pikiran anda maka itu pula yang akan anda dapatkan dalam hidup. namun sebaliknya jika setiap hari yang anda tanam dalam pikiran anda adalah hal-hal yang negative, mengeluh, iri hati, curiga, berprasangka buruk maka itu pula yang akan anda dapatkan.
Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh seorang bernama Henry; "Events, circumstances, etc., have their origin in ourselves. They spring from seeds which we have sown. - Setiap kejadian, keadaan yang sedang kita alami, dan lain sebaginya..., kembali kepada diri kita sendiri. Semua itu berasal dari benih yang sudah kita tanam,"
Itu sebabnya, setiap hari apapun yang sedang dan akan anda alami cobalah untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan positif terlebih dahulu sebelum anda memikirkan kemungkinan negatifnya. Justru yang membuat kita stress, susah, depresi, kehilangan sukacita karena kita lebih memikirkan masalah-masalah yang kita hadapi dan orang-orang yang menyulitkan kita, sehingga pada akhirnya, pikiran negative tersebut menekan hidup kita, kita menjadi susah makan, susah tidur, susah senyum dan wajah menjadi kaku dan mudah terserang penyakit. Ingat pernyataan ini, APA YANG ANDA FOKUSKAN DALAM HIDUP, ITU YANG AKAN ANDA DAPATKAN.
Saat anda memutuskan untuk menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan energi anda lebih memikirkan kesulitan hidup, orang-orang sulit disekitar anda, cemburu akan keberhasilan orang lain, kepahitan dan kekecewaan maka hal-hal tersebut akan menekan anda dan membuat anda kehilangan damai, sukacita dan kebahagiaan.
Perhatikan teleskop, saat seorang pemburu ingin membidik seekor burung. Dengan menggunakan teleskop maka yang ia fokuskan adalah pada seekor burung yang akan dibidiknya, burung-burung yang lain di sekitarnya tidak akan kelihatan olehnya karena ia hanya memfokuskan kepada satu objek saja. Demikianlah, jika anda lebih mefokuksan kepada yang negative, maka yang negative pula yang akan anda dapatkan.
Jadi pikirkanlah hal-hal positif. Jangan pikirkan hal negatif. Apa yang dipikirkan, itulah yang akan dialami oleh setiap manusia. Oleh karena itu, fokus terhadap apa yang diinginkan, bukan pada apa yang tidak diinginkan. Fokus terhadap apa yang menyenangkan, bukan kepada apa yang tidak menyenangkan. “YOU ARE WHAT YOU THINK”, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika anda berpikir tentang kebahagiaan anda pasti bahagia. Karena kebahagiaan dalam hidup bukanlah bergantung pada apa yang anda miliki tetapi lebioh kepada apa yang di dalam anda.
Kita sudah mendengar pada episode2 sebelumnya bahwa kita tidak bisa menghindar dari kesulitan. Selama kita masih hidup kesulitan akan selalu ada. Yang perlu kita ingat adalah bahwa kebahagiaan bukannya tanpa kesulitan hidup. Keliru besar jika seseorang ingin memiliki bahagia dengan cara menjauhi masalah-masalah kehidupan. Barangkali ada yang bertanya, bagaimana mungkin saya berbahagia pada saat orang yang sangat saya kasihi pergi meninggalkan saya untuk selama-lamanya? Kenapa tidak mungkin? Ketika Anda menangis, bersedih, meratap, pasti Anda tahu bahwa ada kondisi kebalikannya. Menyadari betapa beruntungnya Anda pernah memiliki saat-saat indah bersamanya, merupakan proses bahwa Anda bahagia memiliki semua, baik di saat senang maupun saat susah.

Mulailah mempraktekan berpikir positif setiap hari dan mulailah dari hal-hal yang kecil agar kebahagiaan menjadi milik anda.
Benjamin Franklin pernah berkata bahwa kebahagiaan itu tidak datang dari hal-hal besar yang kadang tidak pernah terjadi, melainkan dari hal-hal kecil yang terjadi sehari-hari. Jadi mulailah menikmati hidup dari hal-hal terkecil yang kita temui. Mulai dari menikmati makan di pagi hari, bercanda bersama rekan di siang hari, melihat pemandangan kota di sore hari, sampai menonton tv di malam hari. Yakinilah kalau kebahagiaan itu sebenarnya selalu ada setiap hari, tidak harus menunggu sampai umur menjadi tua. Berbahagialah melihat kebahagiaan orang lain. Bila tetangga Anda membeli mobil baru, ikutlah berbahagia. Ini akan lebih baik daripada Anda iri lalu menduga yang macam-macam. “Dari mana ya, datangnya uang untuk membeli mobil itu?” Pikiran seperti ini hanya akan merugikan kesehatan bathin Anda sendiri dan mencuri kebahagiaan yang sebenarnya bisa menjadi milik anda.

Selamat menjalani hari ini dan menjadi orang yang berbahagia dan membahagiakan orang2 disekeliling anda dengan memutuskan untuk tetap berpikir positif agar kebahagiaan menjadi milik anda hari ini.

Tidak ada komentar: