13 November 2008

Prinsp untuk memperkuat hubungan keluarga anda


Kesuksesan keluarga selalu ada hubungannya dengan kesuksesan pribadi. Oleh karena itu anda perlu memperkuat HUBUNGAN KELUARGA anda dan MEMPERKUAT ANGGOTA KELUARGA dalam perjalanan menuju sukses.

Beberapa prinsip yang dapat menolong anda memperkuat hubungan keluarga anda:

1. UNGKAPAN PERHATIAN TERHADAP SATU SAMA LAIN.
Untuk membangun keluarga yang kuat anda perlu membuat rumah anda sebagai lingkungan yang mendukung. buatlah mereka merasa dihargai, diperhatikan, ditemani, diterima, didorong dan dikasihi.

2. SUSUN HIDUP ANDA DENGAN MELEWATKAN WAKTU BERSAMA-SAMA.
Rencanakan dan buatlah jadwal di mana anda dapat menghabiskan waktu bersama-sama dengan keluarga. Anda harus kreatif untuk memulainya.

3. MENGHADAPI KRISIS DENGAN CARA POSITIF.
Setiap keluarga menghadapi masalah, namun semua keluarga menanggapinyya dengan cara yang berbeda. Inilah beberapa cara untuk menolong anda dengan proses menyelesaikan masalah:
 Serang masalahnya, bukan orangnya. Jangan tumpahkan frustasi anda pada orang lain, tetapi pada masalahnya.
 Kumpulkan semua fakta. Pastikan anda tahu dengan jelas apa yang terjadi sebelum anda mencoba menemukan solusinya, sehingga anda tidak membuang energi fisik atau emosi anda untuk mengejar masalah yang salah.
 Tulis semua kemungkinan yang dapat membantu menyelesaikan masalah dan pilihlah yang terbaik.
 Pilihlah solusi terbaik. Putuskanlah setiap solusi dengan menempatkan manusia sebagai prioritas utama.
 Carilah hal-hal positif di dalam masalah. Ingat!! Hampir semua masalah memiliki sesuatu yang positif yang dapat menolong kita untuk bertumbuh.
 Jangan pernah menahan perasaan kasih. Akuilah masalahnya, tetapi berusahalah untuk terus mengasihi anggota keluarga anda tanpa syarat.

4. TERUSLAH BERKOMUNIKASI.
Cobalah kreatif dalam membuat alasan untuk bicara satu sama lain. Komunikasi yang baik tidak berkembang dengan sendiri. hali itu harus dikembangkan dan proses itu membutuhkan waktu dan usaha.
Beberapa prinsip dibawah ini sangat menolong anda dalam mengembangkan komunikasi:
 KEMBANGKAN PROGRAM KOMUNIKASI. Kreatiflah membuat alasan untuk bicara satu sama lain.
 KUASAI PEMBUNUH KOMUNIKASI. Contoh, televisi atau telpon, mungkin paling banyak mencuri waktu komunikasi keluarga.
 DORONG KEJUJURAN DAN KEBENARAN DALAM KOMUNIKASI. Dorong anggota keluarga untuk mengungkapkan pendapat mereka, dan saat mereka lakukan itu jangan mengkritik atau mencemooh.
 GUNAKAN GAYA KOMUNIKASI POSITIF. Gunakanalah gaya komunikasi bekerja sama bukan pembalasan, mendominasi, dan pengucilan.

5. MEMBAGI NILAI-NILAI YANG SAMA.
Nilai yang sama memperkuat keluarga. Cara terbaik untuk membagi nilai-nilai dalam keluarga adalah mengenal nilai-nilai yang ingin anda tanamkan.

BANGUN PERNIKAHAN ANDA. Sudah pasti ada korelasi antara kesuksesan keluarga dengan kesuksesan pribadi. Milikilah cita-cita untuk membuat pernikahan anda berhasil.

Tidak ada komentar: