05 November 2008

Bergaulah dengan orang-orang yang positif


Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang positif, maka kepositifan mereka pun akan menulari Anda. Namun sebaliknya, jika anda dikelilingi oleh orang-orang yang negative maka yang negatiflah yang akan anda dapatkan.

Untuk dapat menjadi orang yang berpikir positip, maka cara yang lain yang dapat menolong anda adalah kelilingilah diri anda dengan orang-orang yang positip. Sebab dengan siapa anda menghabiskan waktu anda itulah yang paling mempengaruhi sikap anda. Jika anda memilih teman negatif, anda juga memilih untuk mempunyai sikap negatif. Jika anda menghabiskan waktu dengan orang positif, anda sedang menolong diri anda menjadi orang positif.
Henry Ford berkata, "teman terbaik saya adalah orang yang mengluarkan segi terbaik saya" (58). Itulah sebabnya sebelum anda memilih teman pikirkanlah segi apa yang dikeluarkan teman anda dari anda.
St. Paul berkata, Pergaulan yang buruk dapat merusakkan kebiasaan yang baik. jika anda bergaul dengan penjual parfum, anda akan jadi wangi. Jika Bergaul dengan penjual ikan, kita akan kena bau amis. Bergaul dengan perampok, paling tidak anda juga disangka sama dengan perampok itu. Bergaul dengan orang yang positip akan membuat kita jadi orang yang positip juga. Bergaul dengan orang-orang yang suka mengeluh maka besar kemungkinan kita akan jadi pengeluh. Bukankah banyak anak-anak muda sekarang ini yang hancur hidupnya oleh karena narkoba dll karena mereka salah memilih teman? Istri2 atau suami2 yang hancur rumah tangganya karena salah memilih teman. Bergaul dengan penggosip anda akan ketualaran menjadi penggosip. Sekali lagi apa yang dikatakan oleh St.Paul, pergaulan yang buruk akan merusakkan kebiasaan yang baik, adalah benar adanya.

Brian Tracy mengatakan, “Get around the right people. Associate with positive, goal-oriented people who encourage and inspire you. - Bergaulah dengan orang yang tepat. Bekerjasamalah dengan orang yang positif, yang berorientasi kepada hasil, mereka yang membangkitkan semangat dan menginspirasikan banyak hal kepadamu.” Dengan demikian, lambat laun cara berpikir Anda akan lebih positif.

Jika anda sedang mengalami masalah yang menyangkut kekecewaan dengan seseorang lalu anda menceritakan masalah ini kepada temnan yang “negative” maka nasihat yang anda dapatkan adalah, balas saja, emang dia aja yang bisa nyakitin hati orang, dulu dia juga pernah lakukan yang sama dengan sama, dia memang begitu. Beberapa orang yang saya temukan seperti ini, pada akhirnya saya dapati bahwa mereka justru yang lebih marah-marah dari pada saya, saya jadi bingung yang sakit hati saya atau dia ya, kog dia malah yang marah-marah. Namun teman yang positip akan memberikan pemikiran-pemikiran yang positip, dia akan mendengarkan anda, dia akan mengatakan lupakan saja, ampuni saja dia, kasihilah dia.

Hal lainnya, jika anda sebagai istri dan suatu saat anda mengalami masalah dengan suami anda, jika anda memilih teman yang negatip maka saran mereka adalah ceraikan saja dia, emangnya hanya dia laki-laki di dunia ini, biar tahu rasa dia. Pada akhirnya banyak rumah tangga yang hancur karena pasangannya salah memilih teman.

Cobalah bergaul dengan orang-orang positif. Janganlah anda bergaul dengan orang yang hanya kerjanya menggosip, mengeluh, pandai dalam mengkritik tapi tidak mampu memberi solusi. Karena jika anda bertemu dengan orang seperti ini maka hanya akan membuat anda selalu berpikir negatif. Jadi berkumpullah dengan orang yang memiliki pikiran positif, senang membantu dan menghargai anda apa adanya.

Anak kucing bergaul dengan anak macan, pasti dia akan berpikir dan bertindak seperti macan. Anak burung elang bergaul dengan anak ayam, pasti akan mengira dirinya adalah ayam, bahkan dia tidak tahu bahwa dia itu bisa terbang.

Ini kejadian mengenai seekor ayam menemukan sebutir telur rajawali. Telur tersebut dibawanya pulang dan dieraminya. Seteleh menetas anak burung rajawali tadi dibesarkannya dengan cara induk ayam. Pada akhirnya anak rajawali tadi bertindak seperti seekor ayam, cara dia berjalan, cara dia makan, cara dia berkokok semuanya seperti seekor ayam. Suatu hari saat dia sedang berjalan-jalan dengan anak-anak ayam lainnya, dia melihat seekor burung rajawali terbang tinggi dengan gagahnya diudara, sang anak rajawali tadi terkagum-kagum dan berkata, seandainya saya bisa seperti itu, anak-anak ayam yang lainnya memarahi dia dan berkata jangan mimpi kamu, kita ini hanyalah seekor ayam, kita sudah ditakdirkan untuk hidup dengan cara seperti ini, jadi jangan pernah mimpi deh untuk bisa terbang seperti itu. Lingkungan di mana anak rajawali tadi dibesarkan telah membentuk dia dan cara berpikirnya menjadi seperti seekor ayam, tidak mampu, tidak berdaya dan tidak dapat terbang tinggi.

Demikian pula halnya dengan hidup kita jika kita lebih banyak dikelilingi oleh orang-orang yang negatip maka mereka akan menarik kita ke bawah dan bukan keatas. Bergaul dengan orang-orang yang sukses akan menolong anda terpacu untuk menjadi orang yang sukses.

Karena itu, carilah lingkungan yang bisa memotivasi kita untuk sukses. Kita harus mulai senang bergaul dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk bangkit. Bergaul dengan orang-orang yang percaya diri akan berbeda dibandingkan bergaul dengan orang-orang yang gagal. Sebab bergaul dengan orang-orang yang percaya diri, maka semangatnya akan menular kepada diri kita.
Charles "Tremendeous" Jones berkata, Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal : orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca. Saya sangat setuju.
Saya berharap anda tidak mengangap saya terlalu ekstrim dalam hal ini. Setelah tahu hal ini anda jadi tidak mau bergaul dengan masyarakat atau pilih-pilih teman. Kita tetap bergaul dengan siapa saja. Cuma, kalau pergaulan membawa efek negatif, sebaiknya kita bentengi diri kita.

Ingatlah bahwa, Karakter negatif ataupun positif sangat mudah ditularkan, orang yang terbiasa dalam linkungan positif cenderung memiliki karakter positif, begitu pula sebaliknya. Banyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter positif agar andapun cenderung berfikiran positif dan optimis. Sebaliknya Sikap Buruk menyebar lebih cepat dari pada sikap baik. Sesuatu yang najis lebih cepat menular daripada yang kudus. Jika anda membiarkan satu buah apel busuk dalam sekotak apel anda selalu akan mendapatkan sekotak apel menjadi busuk.

Selamat menjalani hari ini dan menjadi orang yang berbahagia dan membahagiakan orang2 disekeliling anda dengan memutuskan agar hidup anda dikelilingi oleh orang-orang yang positip yang dapat membawa pengauh yang positip dalam hidup anda.

Tidak ada komentar: