05 November 2008

Berpikir positif sangat menolong kita menjadi pribadi yang selalu bersyukur


BERPIKIR POSITIF MENOLONG KITA MENJADI PRIBADI YANG SELALU BERSYUKUR.

Dalam hidup ini yang positif dan yang negative selalu silih berganti terjadi dalam hidup kita. Pada kenyataannya semua kita selalu hanya menginginkan yang positif saja terjadi dalam hidup kita, kita tidak mengharapkan sesuatu yang negative, yakni kesulitan hidup terjadi dalam hidup kita.
Itu sebabnya, tidak ada seorangpun diantara kita yang berdoa dipagi hari seperti ini;
Tuhan kalau bisa saya ingin sakit hari ini, saya ingin dikecewakan hari ini, saya ingin hidup saya susah hari ini. Saya sangat yakin seyakin yakinnya bahwa tidak ada seorangpun diantara kita berdoa seperti itu. Yang pasti doa kita dan pengharapan kita dipagi hari adalah Tuhan jauhkan saya dari kesulitan sepanjang hari ini, buat jalan saya mulus dan aman-aman saja. Buat hidupku diberkati sepanjang hari ini. Seperti itulah pengharapan kita dipagi hari.
Namun pada kenyataannya sekalipun kita selalu mengharapkan yang terbaik terjadi dalam hidup kita namun seringkali justru yang terburuklah yang terjadi dalam hidup ini. Bahkan tanpa diundang sekalipun kesulitan akan selalu datang, tidak peduli anda siap atau tidak, anda mengingingkannya atau tidak, ia tetap akan datang.
Inilah hidup negative dan positif, kesulitan dan berkat selalu silih berganti terjadi dalam hidup. itulah sebabnya dengarkanlah pernyataan ini “harapkanlah yang terbaik terjadi dalam hidup tetapi siap-siap juga untuk yang terburuk terjadi.
Pada saat yang terburuk itu terjadi cobalah melihat dengan cara yang berbeda, berpikirlah positif, lihatlah yang terbaik dari situasi sulit yang anda hadapi. Saat anda melihat dengan cara pandang yang berbeda, berpikir positif atas situasi sulit yang sedang anda hadapi maka anda akan menemukan bahwa kesulitan atau situasi buruk justru sedang mempersiapkan yang terbaik bagi anda. Mungkin itu kesempatan belajar, mungkin itu berkat atau mungkin juga sebuah pengalaman yang melatih anda menjadi dewasa.
Berpikir positif di saat hal-hal yang sulit atau buruk menimpa anda akan menolong anda menjadi pribadi yang bersyukur. Anda punya pilihan, memilih untuk bersyukur atau memilih untuk mengeluh saat situasi sulit anda hadapi yang jelas saat anda berpikir positif, melihat masalah tidak sebagai masalah maka anda akan selalu bersyukur bahwa Tuhan sedang menyediakan yang baik bagi anda.
Terlalu sering kita menjadi pribadi yang suka mengeluh. Karena selalu memikirkan hal-hal yang negative. Jika ini telah menjadi kebiasaan kita, maka apa saja dapat membuat kita mengeluh.
Sering kali saat kita bangun pagi begitu membuka mata kita mulai mengeluh dan pikiran kita sudah terbebani oleh berbagai masalah. Seperti : mungkin perasaan kecewa, stres, marah pada diri sendiri atau orang lain yang masih tersimpan dalam hati. Atau mungkin juga masalah percintaan, keluarga, keuangan, penyakit dan berbagai macam problem lainnya.
Jika begitu bangun pagi pikiran kita sudah terkondisikan oleh beban seperti itu maka besar kemungkinan sepanjang hari yang akan kita jalani terasa begitu berat, menderita, dan jauh dari perasaan senang dan bahagia.

Alangkah bijak jika kita begitu bangun pagi menyongsong hari yang baru dengan membiasakan diri untuk sejenak bersyukur dan berdoa dengan menyingkirkan sementara semua masalah dan pikiran2 negatif dari pikiran anda.
Melalui hati yang penuh syukur kita akan mendapatkan kesegaran dan kesehatan mental serta pikiran positif untuk menghadapi kehidupan hari ini dengan berani dan menyenangkan. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.
Itu sebabnya membiasakan berpikir positif akan sangat menolong anda menjadi pribadi yang selalu bersyukur. Janganlah melihat kesulitan atau kekurangan diri anda dan membandingkannya dengan orang lain. Cobalah untuk berfokus pada apa yang sudah anda miliki. Cobalah lihat keadaan disekeliling Anda, pikirkan yang Anda miliki, dan syukurilah. Anda akan merasakan nikmatnya hidup.
Jika ada tetangga atau teman anda yang diberkati jangan anda cemburu dan irihati. Jangan pikiran anda dipenuhi dengan hal-hal negative, wah pasti dia dapat duit haram dsb.

Pusatkanlah perhatian Anda pada hal-hal yang baik, misalkan; sifat-sifat baik atasan, pasangan, dan orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan menjadi lebih menyenangkan.
Fokuskanlah diri anda hanya kepada hal-hal yang positif. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa. Daripada memikirkan tentang sesuatu yang hilang dalam hidup, akan lebih baik bila Anda membuat daftar anugrah Tuhan yang membuat Anda merasa lebih bersyukur.
Contohnya jika Anda sedang kesal atas kemalangan yang menimpa, mungkin berupa ban kempes, macet, pekerjaan belum beres, kehilangan dan lain sebagainya. Daripada terus memikirkan kemalangan itu, apakah tidak sebaiknya Anda merenungkan betapa besar anugrah Tuhan bagi hidup anda. Anugerah itu memungkinkan Anda tetap bernafas, melihat, mendengar, dan lain sebagainya. Pada saat itulah, Anda akan dapat merasakan bahwa kemalangan yang sedang Anda alami tidaklah seberapa dibandingkan anugrah Tuhan yang besar yang anda terima. Sehingga Anda dapat berpikir positif lagi dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
Ingatlah bahwa Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif ...
Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang juga bersyukur akan masa
surut...
mulailah Temukan cara bersyukur akan masalah-masalahmu dan semua itu akan menjadi berkah bagimu.

Tidak ada komentar: