30 Oktober 2008

JAGALAH HATIMU


Hati adalah sesuatu ynag sangat penting sekali dalam kehidupan kita karena hati kita menentukan banyak segi dalam kehidupan kita.
Raja sulaiman berkata bahwa Sebagaimana air memantulkan wajahmu, demikian juga hatimu menunjukkan dirimu. Apa yang ada dalam hati kita akan menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Sama seperti kita lihat wajah kita dicermin atau di air.
Yesus menegaskan kebenaran yang sama bahwa apa yang ada di dalam hati kita sangat mempengaruhi apa yang kita lakukan, kita pikirkan dan apa yg kita katakan.
Orang yang baik mengeluarkan hal-hal baik karena hatinya berlimpah dengan kebaikan. Orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat karena hatinya penuh kejahatan. Sebab apa yang diucapkan oleh mulut itulah yang melimpah dari hati."
“Sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

Orang yang baik akan mengeluarkan ahal-hal yang baik karena hatinya baik. sebaliknya orang yang hatinya jahat pasti akan terus melakukan kejahatan karena hatinya sendiri penuh dengan kejahtan. Jadi hati mempengaruhi apa yang kita lakukan, apa yang kita ucapkan maupun apa yang kita pikirkan. Juga hati kita sangat mempengaruhi hubungan kita dengan sang pencipta kita.
Jika hati kita kotor maka itu akan menghambat hubungan kita dengan tuhan kita, maksud saya kalau kita terus menyimpan dosa dan kesalahan dalam hati kita maka, kita akan kehilangan sukacita dan dami sejahtera yang datangnya dari Tuhan selain itu pasti hidup kita tidak akan pernah diberkati oleh Tuhan.
Hati kita juga sangat mempengaruhi kesehatan kita, benarlah apa yang dikatakan oleh nabi sulaiaman bahwa Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Dalam kitab suci juga dikatakan bahwa Hanyalah orang yang bodoh saja yang mati sebab sakit hatinya.
Jika kita menyimpan kepahitan, sakit hati, kebnecian dan dendam dalam hati kita maka pasti kesehatan kita akan terganggu, hal itu akan membunuh kita perlahan demi perlahan. Jika anda ingin cepat tua dan mati lebih cepat maka isilah hati anda dengan kepahitan, kebencian, dendam dan hal-hal lain yang sejenis. Sebaliknya jika anda ingin umur panjang maka isilah hati anda dengan kasih dan pengampunan.
Hal yang lain adalah bahwa hati kita juga sangat mempengaruhi wajah kita. Jika anda menyimpan kepahitan atau kebencian di hati anda maka pastilah wajah anda akan terlihat jelek. Sebaliknya, Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

Dari penjelasan dan contoh-contoh di atas sangatlah jelas bagi kita bahwa hati kita merupakan pusat dari kehidupan kita dan sangat mempengaruhi banyak hal dalam hidup kita. Oleh karena itu kita diperintahkan untuk menjaga hati kita dengan sebaik-baiknya sehingga hasil yang kita dapatkan bagi hidup kita juga akan baik.
Raja salomo dalam kitabnya menuliskan mengenai betapa pentingnya hati seseorang dalam kehidupannya.
Jagalah hatimu baik-baik, sebab hatimu menentukan jalan hidupmu. Yang terutama sekali, jagalah hatimu karena hatimu mempengaruhi segala sesuatu dalam hidupmu.
Lebih dari se-gala2nja hendaklah kaudjagai hatimu, sebab dari situ bersumberlah kehidupan. (ENDE)

Karena hati kita mempengaruhu segala sesuatu dalam hidup kita, kerana hati kita menentukan jalan hidup kita, dan karena hati kita bersumber kehidupan KITA maka marilah kita berkomitmen untuk menjaga hati kkita dengan baik.
Sebenarnya hidup kita akan menjadi lebih baik, baik dalam karakter, baik dalam sikap, baik dalam hubungan dll, jikalau kita mau menjaga hati kita dengan baik.
Maksudnya adalah sama seperti seorang penjaga gawang, di mana tugasnya adalah dia berjuang mati-matian menjaga gawangnya agar gawangnya tidak kebobolan. Demikianlah hidup kita kita harus waspada dan berjuang mati-matian menjaga hati kita agar hal-hal yang negative, hal-hal yang kotor, nafsu duniawi, keserahakan, kebencian, iri hati, dendam, tidak mendapat tempat di hati kita.
Ilustrasi: polisi australia dengan anjingnya di airport, semua barang dibongkar, beberapa kali saya ke Timur-timur, penjagaannya sangat ketat.
Saya yakin bahwa tidak ada seorangpun di anatara kita yang ingin ada seseorang datang dan membawa sekarung sampah ke dalam rumah kita, kita pasti akan menolaknya dan mengusirnya pergi. Namun terkadang kita tidak menyadari dan mengijinkan orang lain membuang sampah yang tidak berguna, hal-hal yang negative ke dalam hati kita. Pada gilirannya kitalah yang menuai akibat yang buruk dengan mengijinkan hal-hal yang bersifat sampah dan tidak berguna masuk ke dalam hati kita.
Mari, jagalah hati kita dengan baik. karena apa yang keluar datangnya dari hati maka, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mengisi hal-hal yang baik ke dalam hati kita, karena apa yang ditanam itu pasti bertumbuh dan kita akan menuai apa yang kita tanam. Pada waktu kita menabur hal-hal yang positif, hal-hal yang berguna ke dalam hati kita maka kita sendirilah yang akan menuai hal-hal tersebut bagi kehidupan kita, jangan heran jika pada akhirnya kita menjadi orang-orang yang positif baik dalam perkataan, pikiran dan juga sikap kita.
Dan hal terpenting lainnya yang perlu kita lakukan untruk memiliki hidup yang lebih baik lagi adalah jangan pernah membuang waktu anda hanya dengan merubah bagian luar dari hidup anda tapi berfokuslah untuk merubah bagian dalam, dari hidup anda yaiutu hati anda.
Karena jika anda hanya memoles bagian luar anda sedang tidak menyelesaikan masalah nyang sebenarnya, karena maslaahnya ada di dalam hati anda, ubahlah hati anda maka kehidupanmu juga akan ikut berubah. Jika hatimu baik maka hidupmupun pasti akan baik.

Tidak ada komentar: