29 Oktober 2008

3 HARI DALAM HIDUP

Setiap kita memiliki kehidupan yang harus kita jalani sendiri-sendiri. Suatu saat kita akan mempertanggungjawabkan kehidupan kita dihadapan Allah bagaimana kita menjalani kehidupan kita.
Sahabat; setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap hari yang kita lewati dalam hidup ini sangatlah penting. Setiap hari-hari yang kita lalui selalu memiliki arti penting bagi hidup kita dan masa depan kita. Kita perlu hikmat dari Tuhan sehingga dengan pertolongannya kita dapat menjalani hari-hari kita dengan bijaksana. Kitab Suci,”Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sehingga kami beroleh hati yang bijaksana.”
Karena memang pada kenyataannya kita terlalu sering memboroskan waktu kita dengan percuma. Ada dua macam berdasarkan pengertian waktu dari bahasa Yunani yaitu Kronos dan kairos. Kronos berbicara tentang waktu waktu yang tetap yang bisa diulang, seperti senin, selasa, rabu dstnya. Jadi jika anda tidak dapat mengerjakan sesuatu senin ini, anda masih punya waktu senin depan. Namun kairos sangatlah berbeda, kairos adalah waktu/kesempatan yang tidak dapat diulang/kembali jika itu terlewatkan maka anda tidak dapat mengulangnya lagi.
Itu sebabnya, Kita diajak untuk menjalani hari-hari ini dengan hati yang bijaksana, menyadari bahwa waktu yang Tuhan berikan itu sangat berarti dan singkat. Artinya kita tak boleh bermain-main mempergunakannya. Sebaliknya, mengisinya dengan hal-hal positif, bukan untuk hal-hal yang sia-sia. Nah, karena itu jadikan hidup ini bermakna. Itu yang Tuhan mau!! Mempercayakan kehidupan kita sepenuhnya ke dalam tangan Allah, membuat kita bisa melakukan hal-hal positif yang berkenan pada Allah dan juga bagi orang lain di sekeliling kita.

Kita memiliki tiga hari dalam hidup kita yang harus kita jalani dan bagaimana kita memanagenya:

Yang pertama: Hari kemarin. (PAST)
Anda tak bisa mengubah apa pun yang telah terjadi. Anda tak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan. Anda tak mungkin lagi menghapus kesalahan; dan mengulangi kegembiraan yang anda rasakan kemarin. Hari kemarin telah berakhir tadi malam. Jangan lagi anda membawa persoalan, sakit hati dan kekecewaan kemarin menemani anda hari ini Biarkan hari kemarin lewat; lepaskan saja... Ada orang yang terjebak di masa lalunya yang pahit dan menghabiskan tahunan dalam hidupnya memikirkan kegagalan masa lalu tersebut. Padahal masa lalu yang buruk tidak berarti masa depannya akan buruk juga. Dan jangan mau masa depan kita diatur oleh masa lalu kita! Kejadian-kejadian buruk dimasa lalu jangan sampai membentuk masa depan kita. Tutuplah bagian lalu itu dan mulailah sesuatu yang baru
Kita tidak pernah diciptakan oleh Tuhan hidup untuk masa lalu. Kita diciptakan hidup untuk masa depan. Jika anda gagal dan kecewa atau sakit hati kemarin, belajarlah untuk bangkit lagi, jangan pernah menyerah akan hidup karena masa depan yang lebih baik yang dipersiapkan bagi anda sedang menanti.
Wake up, guys! Kesalahan yang telah lalu jangan jadi penghalang untuk
memberi yang terbaik dari yang bisa kita berikan! Tetapkan tujuan dan mulai melangkah dengan optimistis.
Yang penting kemudian adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan
pengalaman-pengalaman ini untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal pengendalian disiplin diri. Kalau kita bisa terpacu untuk
menjadi lebih baik, pastinya tidak ada masalah yang tidak bisa kita
atasi, bukan? Marilah kita belajar dari pemulung. Apa yang dilakukan oleh pemulung adalah mereka hanya mengambil sampah-sampah yang bisa di daur ulang, mereka tidak mengambil semua sampah untuk di bawa pulang. Seharusnya demikianlah dengan kita, ambil saja hal-hal yang baik yang bisa anda pelajari dan anda gunakan untuk untuk membantu anda menjalani hari ini dan hari esok, perkara-perkaran yang tidak baik tinggalkan saja dan kubur itu dalam-dalam.

Hari esok. (FUTURE)
Hingga mentari esok hari terbit, Anda tak tahu apa yang akan terjadi.
Kala anda melihat kedepan, apakah anda melihat masa depan dengan perasaan ketakutan dan kecemasan – atau malah beriman?
Jangan berharap besok lebih baik jika kita tidak memilih untuk memperbaiki dan melakukan hal yang benar hari ini. Jangan pernah kita kuatirkan hari esok, karena hari esok belum tiba. Yang tahu hari esok hanyalah Tuhan. Itu sebabnya jika ingin memiliki hari esok yang lebih baik, tidak kuatir akan hari esok, maka kuncinya adalah semakin mendekatkan diri kita dan percaya kepada Dia yang tahu akan hari esok, yaitu Tuhan.

Hari ini. (PRESENT)
Pintu masa lalu telah tertutup;
Pintu masa depan pun belum tiba.
Pusatkan saja diri anda untuk hari ini.
Anda dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila anda mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari. Hiduplah hari ini.
Hiduplah apa adanya. Karena yang ada hanyalah hari ini; hari ini yang abadi. Perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat, meski mereka berlaku buruk pada anda.
Cintailah seseorang sepenuh hati hari ini, karena mungkin besok cerita sudah berganti. Ingatlah bahwa anda menunjukkan penghargaan pada orang lain bukan karena siapa mereka, tetapi karena siapakah diri anda sendiri.
Jadi sahabat, jangan biarkan masa lalu mengekangmu atau masa depan membuatmu bingung, lakukan yang terbaik HARI INI dan lakukan SEKARANG juga!!!!!!
The day will come when you will review your life and be thankful for every minute of it. Every hurt, every sorrow, every joy, every celebration, every moment of your life will be a treasure.

Tidak ada komentar: