15 September 2010

BELAJAR SIKAP POSITIF DARI “LANCE AMSTRONG”


Di tahun 1996 – usia 25 tahun, Lance telah menjadi atlit bersepeda paling top di dunia.
Namun saat itu pula Ia mulai terkena sakit luar biasa di bawah perutnya dan mulai batuk berdarah. Dokter berkata, ia mengidap sakit KANKER TESTICULAR (buah Zakar). Kabar buruknya, kankernya telah menyebar, sudah mencapai paru-parunya dan prognosisnya suram. Namuan ia tetap memelihara sikap positif dan semangat juangnya. Namun kemudian dokter temukan kanker pada otaknya lagi.

Lance menjalani operasi otak dan prosedur lainnya untuk membuang buah zakarnya. Lalu menjalani kemoterapi. Dokter mengatakan peluang hidupnya tinggal 50%. Salah seorang dokter yang merawatnya mengatakan kasusnya adalah yang terparah yang pernah dilihatnya dan sesungguhnya peluang hidup lance hanya 3 %. Namun lance tetap menjaga sikap positifnya, baginya pengharapan itulah satu-satunya penangkal ketakutan. Saat ditanya apakah perawatan ini membuatnya depresi? Ia mengatakan tidak. Saya pikir depresi malah merugikan diri saya.

Setelah sembuh ia mencoba kembali bersepeda dan ikut lomba, namun ia mengalami banyak kesulitan. Namun ia tetap berusaha dan menjaga sikap positifnya. Akhirnya ia bahkan dapat memenangkan 5 kali lomba tour de france berturut-turut.

Menurut Lance, Sikap tidak bersemangat dan kekecewaan, keduanya itulah bahaya sesungguhnya dalam kehidupan ini, bukan penyakit yang tiba-tiba atau hari kiamat.

Ia ingat kata-kata ibunya:
Jadikanlah hambatan itu peluang. Jadikanlah yang negative itu positif. Kalau kamu tidak bisa memberikan 100%, kamu takkan berhasil. Jangan pernah menyerah.

Sahabat apapun yang terjadi dengan anda, dimana mungkin kehidupan anda sedang berjalan tidak seperti yang anda inginkan dengan begitu banyaknya persoalan, masalah, konflik, bahkan penyakit yang menguras pikiran dan tenaga anda sehingga membuat anda hampir putus asa dan menyerah Ingatlah:
 Pertahankanlah sikap positif. Pandanglah segala yang terjadi dengan kacamata positif yang mendatangkan keuntungan bagi anda.
 Buanglah jauh-jauh perasaan kecewa yang berkepanjangan, kepahitan dan luka di hati anda. Jangan biarkan itu membunuh potensi anda yang luar biasa untuk berhasil
 Tetaplah optimis menjalani kehidupan anda bahwa “The best is yet to come”
 JANGAN PERNAH MENYERAH.

(www.ongkyo.blogspot.com)

Tidak ada komentar: