07 Desember 2009

MENGEMBANGKAN KEYAKINAN


Don’t limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as your mind lets you. What you believe, remember, you can achieve.
(Mary Kay Ash)

Keyakinan itu selalu menular. Keyakinan melahirkan keyakinan.

1. Menetapkan nilai anda sesuai dengan system nilai Tuhan.
Dia menciptakan anda, Dia mati bagi anda dan itu membuat anda berharga. Dan hal itu tidak dipengaruhi oleh apapun yang anda lakukan/capai untuk membuat anda berharga. Alkitab menyatakan bahwa, anda diciptakan menurut gambarNya Allah, Ia melukiskan anda di telapak tangan-Nya. Itu berarti bahwa Allah memelihara, menjaga dan membela anda mati-matian karena anda berharga bagi-Nya. Perlu anda ketahui bahwa setiap hari Tuhan memikirkan anda. Ia selalu menginginkan yang terbaik terjadi pada anda.
2. Berfokus pada Tuhan dan bukan pada situasi anda. Mazmur 27:1-3
Keyakinan bukanlah akibat dari tidak adanya masalah. Keyakinan merupakan hasil kepercayaan kita kepada Tuhan dalam masalah kita. Kemenangan kemarin memberikan keyakinan lebih besar untuk hari esok. Raksasa-raksasa persoalan boleh saja datang dalam hidup anda tapi berfokuslah pada Allah dan kebesarannya dan bukan pada raksasan yang anda hadapi.
3. Menjalin persahabatan dengan orang-orang yang penuh keyakinan. Burung dengan bulu yang sama berkelompok bersama. Orang besar adalah orang yang membuat kita merasa lebih besar ketika bersama mereka. Dengan siapa engkau bergaul dan menghabiskan waktu anda dengan mereka, orang-orang itulah yang akan mempengaruhi hidup anda. Keyakinan akan menularkan keyakinan. Begitulah yang terjadi pada Daud dan pengikut-pengikutnya.
4. Menaruh beberapa kemenangan di bawah ikat pinggang anda. Contoh: Daud, I Samuel 17:37. Daftar kemenangan harus memberi keyakinan dan bukan kesombongan. Jadikan pengalaman kemarin bersama Tuhan sebagai pemberi keyakinan untuk anda hari ini. Tuhan yang menolong anda kemarin adalah Tuhan yang sama yang akan menolong anda hari ini.
5. Berhenti membandingkan diri anda dengan orang lain. Anda diciptakan unik dan istimewa oleh Tuhan. Tidak ada manusia yang persis seperti anda. Kelebihan dan kekurangan anda perlu disyukuri dan jangan pernah menjadikan hal itu sebagai tolak ukur untuk membandingkan dengan orang lain.
6. Menemukan satu hal yang anda lakukan dengan baik, dan kemudian melakukan spesialisasi sampai anda istimewa. Fokuskanlah pada apa yang menjadi kekuatan anda dan bukan kelemahan anda.


Pemimpin yang punya keyakinan adalah pemimpin yang mendatangkan perubahan positif dalam diri orang lain.

Tidak ada komentar: