25 Desember 2010

KEPEDULIAN DI HARI NATAL


Suatu hari Sadhu Sundar Singh sedang melakukan perjalan misi ke puncak Himalaya ditengah cuaca dingin yang sangat ekstrim ditemani seorang pemandu local. Ditengah perjalanan mereka mendapati seseorang sedang tergelatak sekarat karena cuaca dingin. Sadhu Sundar Singh berusaha untuk menolong orang tersebut agar nyawanya bisa diselamatkan, namun pemandunya melarang dia melakukannya. Pak Sadhu, kita harus terus melanjutkan perjalanan, sebab jika kita menolongnya maka kitapun akan ikut sekarat dan akan mati bersamanya, saran si pemandu.
Namun karena kepeduliannya akan orang tersebut Sadhu Sundar Singh tetap menolong orang yang sekarat itu. Si pemandu tetap dengan keputusannya dan terus melanjutkan perjalanan sendirian. Sadhu Sundar Singh kemudian mengangkat orang tersebut dan memanggulnya di punggungnya. Dengan susah payah ia terus mendaki ditengah cuaca dingin yang sangat ekstrim sambil menggendong orang terseburt di punggungnya. Lama-kelamaan, tubuhnya mulai menjadi panas karena berkeringat. Ternyata beban berat yang dia pukul membuat dia berkeringat dan tubuhnya mnejadi hangat sehingga menyelamatkan mereka berdua dari cuaca dingin yang sangat ekstrim. Ditengah perjalanan mereka menemukan sipemandu yang memutuskan untuk berjalan sendirian sedang tergeletak dan tak bernyawa lagi.
Sahabat, ketidakpedulian si pemandu akan orang lain membuat dia harus membayar sangat mahal dengan kehilangan nyawanya. Disisi lain, kepedulian Sadhu Sundar Singh juga membutuhkan harga yang sangat mahal karena ia harus bersusah payah mengangkat orang tersebut dan mendaki ditengah cuaca dingin yang ekstrim.
Jika kepedulian dan ketidakpedulian sama-sama membutuhkan harga yang harus dibayar, mengapa kita tidak memilih untuk peduli?
Di hari natal ini saya mendorong anda untuk melihat keluar bahwa disekeliling anda masih banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Lakukanlah sebuah kebaikan sekalipun itu kecil, seperti memberikan hadiah bagi anak yatim piatu, membelikan makan bagi orang yang tidak punya, mengirimkan kue bagi tetangga anda yang sedang merayakan natal tanpa bisa membeli kue dll.
Melakukan kebaikan kepada orang lain, anda perlu mengorbankan sesuatu, namun seperti yang dituliskan nabi Sulaiman “siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan yang akan membalas perbuatannya” Tuhan pasti membalas kebaikan dan pengorbanan anda.

Selamat Hari Natal. Ongky n Family

Tidak ada komentar: